Kamis, 30 Mei 2013

Renungkanlah

Hai, selamat pagi. Kali ini aku akan membuat sebuah renungan. Renungan untuk kalian dan tentunya untuk ku juga J. Pernah gak terpikir tentang orang-orang yang ada disekitar kita? Bukan, bukan tentang orang tua, bukan tentang teman-teman, bukan tentang orang-orang yang kita kenal tapi tentang orang-orang asing yang kurang beruntung disekitar kita.
Pernahkah kalian berpikir bagaimana kehidupan mereka? Kehidupan anak-anak yang kehilangan masa-masa emas mereka. Kehidupan remaja-remaja yang harus rela melepas waktu untuk belajar. Kehidupan mereka yang tidak memiliki kesempatan untuk mencicipi manisnya kehidupan.
Begitu menyedihkan. Begitu sulit. Bahkan, aku tidak pernah bisa membayangkan bagaimana kalau kehidupanku seperti mereka. Aku tidak akan pernah menjamah taman kanak-kanak. Tidak pernah merasakan senangnya masuk sekolah dasar. Tidak pernah tahu bagaimana canggihnya teknologi jaman sekarang.  Tidak pernah berpikir tentang mimpi dan harapan. Karena otakku hanya berpusat pada satu tujuan besar, yaitu : AKU DAN KELUARGA KU HARUS HIDUP ESOK HARI, HIDUP SEPERTI HARI INI, BAGAIMANA PUN CARANYA.
Tapi, sesulit apapun mereka, mereka masih bisa tersenyum. Mereka masih bisa membentangkan sayap-sayap mereka. Sesusah apapun mereka, sesakit apapun mereka, mereka masih bisa memancarkan kebahagian. Dan, senyum mereka itu memiliki kekuatan. Memiliki daya yang besar. Tidak, seperti senyumku, maupun senyummu.
Senyum mereka mampu menularkan kebahagiaan bagi kita.
Dan, mereka menjalani hidup ini tidak seperti apa yang kalian atau aku pikirkan. Mereka menjalani kehidupan dengan rasa syukur. Dengan kesenangan. Tidak ada wajah-wajah putus asa. Mereka tidak peduli hari esok, masa bodo, asalkan hari ini bahagia, itu sudah cukup. Mereka begitu hebat dalam menjalani kehidupan. Sedangkan kita? Jangan bandingkan dengan mereka. Kita tidak apa-apanya.
Dan, kalau kalian ingin belajar bagaimana caranya agar kalian kuat dalam menghadapi kehidupan, belajarlah dari mereka. Bukan mendengar kata-kata dari seorang motivator. Kisah mereka, lebih kuat dan lebih ampuh daripada kata-kata motivator. Lebih membangun. Karena kisah mereka nyata, benar adanya. Tidak di tambah-tambah, di lebih-lebihkan.
Jangan memandang rendah mereka. Mereka lebih kuat dari kita. Merekalah yang berhasil menjalani hidup.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar